Analisis Algoritma dan Aplikasi yang Memungkinan untuk Game Hayday

Analisis ini dilanjutkan dari hasil analisis kelebihan dan kekurangan Game Hayday pada sebelumnya.

Algoritma Pada Game Hayday

Hasil analisis saya, game hayday menggunakan algoritma dynamic programming.

Apa algoritma dynamic programming?

Programming solusi optimalnya dapat diperoleh dari banyak rangkaian keputusan yang mungkin menghasilkan.

Satu cara untuk memecahkan masalah-masalah, yang mana ini tidak mungkin untuk membuat sebuah rangkaian dari langkah-langkah keputusan yang dapat dilakukan mengacu (mengarah) pada rangkaian keputusan optimal adalah untuk mencoba semua kemungkinan rangkaian-rangkaian keputusan. Dynamic programming seringkali secara spontan mengurangi jumlah pembilangan dengan menghindari pembilangan dari beberapa rangkaian keputusan yang tidak memungkinkan menjadi optimal.

Di dalam dynamic programming hubungan-hubungan keputusan optimal didapat dengan membuat prinsip optimalitas secara explisit. Pernyataan prinsip itu merupakan rangkaian keputusan optimal yang memiliki sesuatu yang dinyatakan dengan initial dan keputusan, dalam mengambil keputusan harus menyusun suatu keputusan optimal dengan memperhatikan hasil pernyataan dari keputusan pertama. Di dalam dynamic programming, banyak rangkaian keputusan yang mungkin menghasilkan. Tetapi, rangkaian yang berisi sub-sub rangkaian optimal tidak dapat optimal jika prinsip berpengaruh pada optimasi dan pasti tidak akan menghasilkan.

Pada penyelesaian persoalan dengan metode ini:

  1. terdapat sejumlah berhingga pilihan yang mungkin,
  2. solusi pada setiap tahap dibangun dari hasil solusi tahap sebelumnya,
  3. kita menggunakan persyaratan optimasi dan kendala untuk membatasi sejumlah pilihan yang harus dipertimbangkan pada suatu tahap.

Dua pendekatan yang digunakan dalam Dynamic Progamming adalah maju (forward atau up-down) dan mundur (backward atau bottom-up).

 

Aplikasi Game Hayday

Game Hayday mungkin dapat dibuat dengan Unity3D sebagai design untuk membuat karakter. Ini merupakan salah satu game engine populer yang banyak digunakan. Untuk membuat gamenya tersebut bisa menggunakan script C#, UnityScript, atau javascript.

Pengertian :

  • Script C#

adalah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Microsoft (dikembangkan dibawah kepemimpinan Anders Hejlsberg yang notabene juga telah menciptakan berbagai macam bahasa pemrograman termasuk Borland Turbo C++ dan Borland Delphi). Bahasa C# juga telah di standarisasi secara internasional oleh ECMA.

Seperti halnya bahasa pemrograman yang lain, C# bisa digunakan untuk membangun berbagai macam jenis aplikasi, seperti aplikasi berbasis windows (desktop) dan aplikasi berbasis web serta aplikasi berbasis web services.

Kunci dari bahasa pemrograman yang bersifat Object Oriented adalah encapsulation, inheritance, dan polymorphism. Secara sederhana, istilah-istilah tersebut bisa didefinisikan sebagai berikut (definisi dan penjelasan lebih lanjut akan di uraikan pada bab-bab selanjutnya). encapsulation, dimana semua fungsi ditempatkan dalam satu paket (single package). Inheritance, adalah suatu cara yang terstruktur dari suatu kode-kode pemrograman dan fungsi untuk menjadi sebuat program baru dan berbentuk suatu paket. Polymorphism, adalah kemampuan untuk mengadaptasi apa yang diperlukan untuk dikerjakan. Sifat-sifat tersebut di atas, telah di miliki oleh C# sehingga bahasa C# merupakan bahasa yang bersifat Object Oriented.

  • Pengertian JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemograman web yang bersifat Client Side Programming Language. Client Side Programming Language adalah tipe bahasa pemograman yang pemrosesannya dilakukan oleh client. Aplikasi client yang dimaksud merujuk kepada web browser seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Jenis bahasa pemograman Client Side berbeda dengan bahasa pemograman Server Side seperti PHP, dimana untuk server side seluruh kode program dijalankan di sisi server.

Kini JavaScript menggunakan library seperti jQuery. Library ini memudahkan kita membuat program JavaScript untuk semua web browser, dan membuat fitur-fitur canggih yang sebelumnya membutuhkan ribuan baris kode program menjadi sederhana.

Kesimpulan :

Untuk game hayday tidak mungkin menggunakan bahasa pemrograman serta aplikasi yang kurang dalam grafis dan script nya, seperti blender untuk design serta strawberry prolog untuk membuat script programnya. Game ini banyak kondisi yang memungkinkan bagi pengguna. Dari algoritma yang dirancang diperlukan aplikasi dan Bahasa pemrograman yang tinggi dalam menyelesaikan segala kondisi.

Referensi:

http://hermanteknik.blogspot.co.id/2012/10/jenis-jenis-algoritma.html

BAB IX DYNAMIC PROGRAMMING (PEMROGRAMAN DINAMIS). Universitas Gunadarma

http://teoridesain.com/2016/01/8-jenis-desain-dan-cara-menguasainya.html

http://restoprogram.com/pengertian-bahasa-pemrograman-c/

http://www.duniailkom.com/tutorial-belajar-javascript-pengertian-dan-fungsi-javascript-dalam-pemograman-web/

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s